Sabtu, 18 Agustus 2018
 
Redaksi | Post date : 05 Februari 2018 Jam 06:15:29 Wib
 
Medan – BADAN Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi di Medan mendukung upaya Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASSTI) dalam menyediakan tenaga konstruksi bersertifikat untuk proyek infrastruktur di daerah. Namun jumlah tenaga konstruksi bersertifikat tidak sebanding dengan jumlah kebutuhan dalam proyek infrastuktur. 
 
“Kita sangat mendukung. Tetapi memang, ada keterbatasan jumlah sertifikasi dengan jumlah pekerjaan yang dibutuhkan, jadi tidak cukup. Di Medan misalnya, kita butuh tukang kayu 1500 orang, tapi yang punya SKT (sertifikat keterampilan) masih 300. Jadi masih jauh dari harapan,” kata General Manajer PT Brantas Abipraya, Kantor Divisi Regional 1, Jhon Manik, dalam pertemuan dengan ASTTI Sumut, Kamis (1/2/2018) lalu.
 
Jhon Manik menuturkan, perusahaan telah memiliki sertifikasi ISO sebagai standar untuk mengukur kualitas pekerjaan perusahaan. Termasuk dalam merekrut tenaga kerja untuk mendapatkan sebuah proyek, dipastikan semua tenaga kerja tersebut sudah bersertifikat. 
 
Namun diakui Jhon Manik, pemenuhan sertifikat tersebut masih terfokus secara administrasi, yang harus dipenuhi dalam dokumen tender. 
 
“Dalam dokumen tender kita penuhi semua, kalau tidak kita akan kalah. Tapi memang dalam pelaksanaannya susah,” kata Jhon. 
 
Dia menjelaskan, pekerjaan di BUMN pada umumnya sudah dalam keadaan spesialisasi. 
 
“Misalnya ada konstruksi gedung baja ringan, kita panggil vendornya, kita subkan ke dia, sehingga vendor itu yang merekrut anggota kerjanya,” ungkapnya. 
 
Menurut Jhon Manik, dibutuhkan ketegasan dan komitmen dari pemilik proyek dan kontraktor agar dapat menerapkan hal ini. Sehingga tenaga konstruksi yang bekera dalam sebuah proyek, baik ahli maupun terampil, benar-benar bersertifikat dalam pelaksanaan, tidak hanya diatas kertas.
 
Begitu pun, pihaknya akan menyosialisasikan permasalahan tersebut di internal perusahaan agar dapat menerapkannya di lapangan.*
Dibaca 264 kali

Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab konstruksisumut.com.

Semua hasil karya yang dimuat di konstruksisumut.com baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta konstruksisumut.com.