Sabtu, 18 Agustus 2018
 
Redaksi | Post date : 17 April 2016 Jam 05:36:54 Wib
 

Jepara - MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mencanangkan pembangunan rumah khusus bagi nelayan di Desa Kedung Malang, Jepara, Jawa Tengah. Rumah khusus tersebut dengan menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana (RISHA) hasil penelitian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR.

"Pak Bupati mengusulkan sebanyak 200 unit namun tahun ini akan dibangun sebanyak 30 unit dulu. Nantinya aset ini akan dihibahkan kepada Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Jepara," kata Menteri Basuki, Sabtu (16/4/2016).

Rumah nelayan ini dibangun dengan ukuran 58 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Di samping fungsi sebagai rumah juga berfungsi sebagai tempat kerja di lantai bawah. Kementerian PUPR juga memberikan pelatihan kepada warga cara mencetak dan memasang komponen rumah RISHA.

"Selain bisa membangun (RISHA) di sini, nantinya bisa membangun di daerah lain," katanya.

Risha merupakan teknologi membangun rumah sistem pra cetak yang sederhana, cepat dan tahan gempa yang telah diterapkan di berbagai daerah, termasuk di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) sebanyak 10.000 unit sebagai bagian dari rekonstruksi pasca bencana gempa dan tsunami.

Tahun 2016 Kementerian PUPR mengalokasikan pembangunan rumah khusus sebanyak 5.996 unit. Penerima manfaat bantuan rumah khusus meliputi penduduk kawasan perbatasan, wilayah terpencil, nelayan, serta aparat negara terutama yang bertugas di daerah perbatasan.
Pembangunan rumah khusus merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Pemerintah untuk mengurangi 13,5 juta keluarga yang belum memiliki rumah di tahun 2014 menjadi 6,8 juta unit di 2019.*kpu

Dibaca 641 kali

Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab konstruksisumut.com.

Semua hasil karya yang dimuat di konstruksisumut.com baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta konstruksisumut.com.