Sabtu, 18 Agustus 2018
 
Redaksi | Post date : 06 Agustus 2018 Jam 22:52:05 Wib
 
Jakarta - KONSTRUKSI Sarang Laba-Laba (KSLL) telah teruji mampu dipergunakan untuk lahan-lahan ekstrem, bahkan sudah banyak digunakan di daerah-daerah yang sering mengalami gempa seperti Provinsi Aceh dan Sumatera Barat (Sumbar).
 
Hal itu diungkapkan Direktur PT Artefak Arkindo Agus Sudjatmiko, beberapa waktu lalu. PT Artefak Arkindo merupakan perusahaan yang membangun konstruksi Sekolah Polisi Negara (SPN) di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, menggunakan fondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba yang hak patennya dipegang oleh PT Katama Suryabumi.
 
"Kami menggunakan pondasi KSLL (Konstruksi Sarang Laba-Laba) agar bangunan di atasnya kokoh berdiri mengingat lokasinya merupakan lahan rawa serta merupakan bangunan dua lantai," kata Agus Sudjatmiko.
 
Agus mengatakan, nantinya di lahan SPN Kabupaten Kampar seluas 28 hektare itu akan berdiri 30 bangunan dan 3 di antaranya merupakan bangunan dua lantai, sedangkan lainnya bangunan bukan bertingkat sehingga bisa menggunakan fondasi biasa.
 
Menurut Agus, sesuai dengan instruksi Kepala Kepolisian Daerah Riau Inspektur Jenderal Polisi Nandang, pembangunan SPN seharusnya sudah rampung pada Desember 2018 sehingga pelaksana proyek yakni PT Bangun Karya Mandiri Persada membutuhkan jadwal pekerjaan yang ketat untuk merampungkannya.
 
Dengan kondisi tanah rawa, kata Agus, pekerjaan pertama yang akan dilaksanakan adalah membuang lumpur di areal yang akan dibangun sampai menemukan tanah dasar. Pembangunannya akan memanfaatkan tanah dasar di bawah lumpur tersebut sebagai tumpuan.
 
Pembangunan SPN menggunakan sumber anggaran dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Mabes Polri APBN 2018 tepatnya berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.
 
Pembangunan gedung SPN di Kampar tersebut bertujuan menggantikan gedung SPN yang sebelumnya berlokasi di Kota Pekanbaru dan saat ini diperuntukkan sebagai Gedung Mapolda Riau setinggi enam lantai yang masih dalam tahap pembangunan.
 
Konstruksi Sarang Laba-Laba sebelumnya juga sudah dipergunakan untuk fondasi Gedung Logistik Mabes Polri Jalan Raya Bekasi Timur, Cipinang, Jakarta Timur.*bc
Dibaca 174 kali

Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab konstruksisumut.com.

Semua hasil karya yang dimuat di konstruksisumut.com baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta konstruksisumut.com.