Sabtu, 18 Agustus 2018
 
Redaksi | Post date : 24 November 2014 Jam 11:27:42 Wib
 

Jakarta - INFRASTRUKTUR merupakan isu nasional yang saat ini menjadi fokus pemerintah. Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan) menyikapi situasi ini dengan memberikan masukan-masukan teknologi bidang jalan dan jembatan.

Melalui workshop dengan judul Teknologi Penanganan Keruntuhan Lereng Batuan Tipe Jatuhan Batuan, yang diselenggarakan pada 20-21November 2014, di Lombok disampaikan beberapa teknologi yang berkaitan dengan penanganan permasalahan lereng batuan.

Kepala Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, Herry Vasa menuturkan, pembangunan jalan pada area lereng yang tidak stabil memerlukan perencanaan dan pemilihan jenis konstruksi penanganan yang tepat perlu disertai dengan suatu aspek legal standar, pedoman, dan manual.

Beberapa teknologi yang disampaikan antara lain mengenai Perencanaan Penanganan Keruntuhan jatuhan batuan dengan daerah tangkapan batuan (catchment area), penanganan dan pelaksanaan beton semprot (shotcret) untuk pelindung lereng, dan perencanaan teknis penanganan keruntuhan jatuhan batuan dengan dinding penghalang (buffer wall).

Kemudian penanganan dan pelaksanaan penanganan keruntuhan jatuhan batuan dengan metode jaring tirai (drapery system), perencanaan dan pelaksanaan penanganan teknologi penanganan tanah ekspansif dengan penghalang kelembapan.

Hery Vasa menambahkan, pelaksanaan konstruksi jalan selain perlu memunculkan inovasi teknologi juga harus sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain itu harus diperhatikan sisi keamanan, kemudahan pelaksanan dan validasi dari teknologi yang digunakan. Serta, tidak kalah penting adalah masalah pendekatan lingkungan selain pendekatan struktur pada setiap teknologi tersebut.*kpu

Dibaca 1128 kali

Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab konstruksisumut.com.

Semua hasil karya yang dimuat di konstruksisumut.com baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta konstruksisumut.com.