Sabtu, 18 Agustus 2018
 
Redaksi | Post date : 22 Desember 2014 Jam 21:37:43 Wib
 

Bandung - COLD Mix Asphalt, bahan tambalan jalan yang merupakan hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan (Pusjatan) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dapat digunakan untuk menambal jalan di musim penghujan seperti saat ini.

“Produk ini sangat menjanjikan sekali untuk menutup lubang pada kesempatan pertama.  Apalagi saat ini dalam kondisi musim hujan. Diketahui bersama paradigma dalam pembangunan jalan adalah tidak boleh mengaspal di musim hujan, tapi dengan teknologi pusjatan ini diperbolehkan," kata Kepala Pusjatan Kementerian PU Herry Vaza belum lama ini.

Herry mengungkapkan, di saat musim hujan, ditambah lagi kondisi anggaran di akhir tahun yang sudah ditutup seperti saat ini, Cold Mix Asphalt menjadi pilihan yang terbaik untuk menambal jalan.

“Kami contohkan barang tersebut bisa kita beli di pertengahan tahun dan dipakai di akhir tahun, untuk kegiatan swakelola bagus sekali. Karena aspal ini bisa disimpan selama 1 tahun dan dipergunakan apabila kita membutuhkan,” ungkapnya.

Herry menuturkan, karena harganya cukup mahal, teknologi tersebut belum digunakan untuk pekerjaan pembangunan jalan. Namun untuk kegiatan kecil untuk penambalan jalan masih mungkin untuk dilakukan. Teknologi tercipta atas dasar permasalahan yang terjadi dalam pembangunan dan pemeliharaan jalan, diantaranya, banyaknya jalan berlubang dan sulitnya penanganan. Penanganan konvensional yang memakan waktu dan hanya order banyak yang bisa dilayani dan tertundanya penanganan mengakibatkan jalan makin rusak.

Dengan teknologi tambalan siap pakai, penanganan dapat dilaksanakan dengan segera, order kecil dapat dilayani, dan penambalan lebih cepat, mudah, murah dan berkualitas. Teknologi tambalan siap pakai ini pengerjaannya cukup mudah yaitu hanya dengan menabur dan gilas, teknologi ini sudah teruji dan  tahan lama.

Teknologi ini sudah diaplikasikan di beberapa jalan nasional maupun non nasional yaitu di Pekalongan, Pantura Cirebon – Losari, Pantura Jatibarang – Cikopo, Jalan Tol Jagorawi dan juga digunakan oleh Pemerintah Kota Bandung.*kpu

Dibaca 1004 kali

Segala isi baik berupa teks, gambar, suara dan segala bentuk grafis yang disampaikan pembaca ataupun pengguna adalah tanggung jawab setiap individu, dan bukan tanggungjawab konstruksisumut.com.

Semua hasil karya yang dimuat di konstruksisumut.com baik berupa teks, gambar dan suara serta segala bentuk grafis adalah menjadi hak cipta konstruksisumut.com.