oleh

ASTTI-SMK Taman Siswa Tebing Tinggi MoU Pelatihan Tenaga Konstruksi

Tebing Tinggi – DPD Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI) Sumatera Utara menjalin kerjasama dengan SMK Teknologi dan Industri Kota Tebing Tinggi, dalam pelatihan tenaga kerja konstruksi.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Ketua DPD ASTTI Sumut, Saut B Pardede dan Ketua Perguruan Taman Siswa Tebing Tinggi, Surya Herdadi, di SMK Taman Siswa Tebing Tinggi, Sabtu (17/2/2018) lalu.

Dalam Mou tersebut, antara lain berisikan, bagi siswa tamatan SMK Taman Siswa Tebing Tinggi maupun dari SMK lain di Tebing Tinggi, dapat mengikuti pelatihan dengan mendaftar ke SMK Taman Siswa Tebing Tinggi.

“Bagi siapa yang ingin mengikuti diklat ini, dapat mendaftar ke SMK Taman Siswa. Berkasnya nanti akan kami antar ke ASTTI,” kata Kepala Sekolah SMK Teknologi dan Industri Taman Siswa Tebing Tinggi, Suhartana.

Sementara Ketua DPD ASTTI Sumut, Saut B Pardede menyebutkan, pelatihan tenaga kerja ini merupakan kerjasama ASTTI dengan Balai Besar Pengembangan dan Latihan Kerja (BBPLK) Medan, dan tempat pelatihan pun akan dilaksanakan di BBPLK Medan, Jalan Gatot Subroto Medan.

Pelatihan tersebut sepenuhnya dibiayai oleh negara sehingga peserta tidak dikutip biaya sedikitpun dalam pelatihan ini. Selain mendapatkan ilmu dan keterampilan, peserta pelatihan juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan dan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Namun ASTTI akan menjembatani peserta untuk mendapatkan sertifikat dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) agar dapat diterima di dunia kerja sektor konstruksi.

“Untuk itu kami mengimbau SMK Taman Siswa untuk memanfaatkan ini. Karena ini baru sekolah pertama yang kami datangi,” kata Saut.

Tahun ini, ada 9 jurusan pelatihan sektor konstruksi yang diselenggarakan BBPLK Medan bekerjasama dengan ASTTI Sumut, antara lain tukang kayu, juru ukur, cabinet maker, surveyor dan lainnya.*

Berikan Komentar

News Feed