oleh

Laporan Perjalanan DPD ASTTI Sumut ke Acara Munas & Munasus ASTTI di Kupang

Oleh : Wilda Devona Sitepu

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Tenaga Teknik Indonesia (ASTTI) telah menyelengarakan Musyawarah Nasional Khusus (Munasus) dan Musyawarah Nasional (Munas) IV, pada 23-24 Juli 2018 lalu di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

DPD ASTTI Provinsi Sumatera Utara ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengutus tiga Peserta Penuh yaitu : Ir. Saut B Pardede (Ketua Umum), Ir. Fery Eldi (Sekretaris Umum), Ir. Lebora HES (Bendahara Umum) dan empat orang Peserta Peninjau, yakni Ir. Indra Harahap (Wakil Ketua III), Rahmattulah, ST, M. Sc, IPM), Rita ayunda Siregar, ST (Wakil Bendahara Umum), dan Wilda Devona Sitepu, A. Md (Wakil Sekretaris Umum).

Perjalanan ke Kupang dilakukan sehari sebelum hari H, yaitu pada 22 Juli 2018, dikarenakan perjalanan Medan- Kupang membutuhkan waktu yang sangat lama. Menumpang maskapai Lion Air dengan menempuh rute Medan-Batam-Surabaya-Kupang, para peserta dari DPD ASTTI Sumut tiba di Kupang pukul 23.00 Wita.

Tiba di Bandara El Tari, para panitia menyambut kedatangan para peserta Munasus dan Munas ASTTI. Panitia tampak bersemangat menunggu para peserta meskipun malam semakin larut.

Acara Munasus dilangsungkan pada 23 Juli 2018. Munasus membahas beberapa hal penting terkait adanya perubahan/ penyempurnaan AD/ART organisasi yang didasari oleh perubahan regulasi yang sangat mendasar, yaitu Undang-undang Nomor 18 tahun 1999 menjadi Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi berikut peraturan turunannya.

Para peserta dari 33 Provinsi sangat antusias dalam memberikan masukan demi kemajuan ASTTI. Pembahasan perubahan AD/ART berjalan cukup alot. Di penghujung acara telah disepakati perubahan-perubahan yang dianggap sangat penting mengikuti perkembangan dan tuntutan organisasi yang dinamis.

Pada 24 Juli 2018 dilaksanakan Acara Munas IV. Dalam acara tersebut diagendakan Laporan Pertanggujawaban pengurus DPP ASTTI periode 2013-2018 dan Pemilihan Pengurus DPP ASTTI periode 2018-2023. Para perwakilan masing-masing DPD dapat menerima Laporan Pertanggungjawaban Pengurs DPP Periode 2013-2018 dan berharap Deddy Adhiyaksa bersedia kembali dipilih menjadi Ketua DPP ASTTI periode 2018-2023.

Deddy Adhyaksa akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP ASTTI periode 2018-2023. Sementara kelengkapan pengurus dipilih secara formatur. Pelantikan pengurus DPP dan penutupan Munas berlangsung sampai tengah malam.

Pelantikan Pengurus DPP ASTTI periode 2018-2023 dilakukan oleh Ketua Umum DPD ASTTI Provinsi Sumatera Utara Ir Saut B Pardede.

Dengan berakhirnya pelaksanaan Munasus & Munas IV ASTTI, maka para peserta melakukan perjalanan pulang ke daerahnya masing-masing. Sebelum kembali ke Medan pada 26 Juli 2018, para peserta dari Sumut melakukan kunjungan ke beberapa tempat di Kota Kupang sekaligus membeli oleh-oleh khas Kupang berupa makanan dan kain.

Pada 26 Juli 2018, tim ASTTI Sumut melakukan perjalanan dengan maskapai Sriwijaya Air rute Kupang-Denpasar-Jakarta-Medan. Rombongan sempat transit cukup lama di Denpasar karena delay. Tim selanjutnya menuju Jakarta dan Medan naik maskapai Sriwijaya Air.

Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya terhenti saat rombonggan tiba di Medan sekitar pukul 23.00 WIB dengan sehat dan selamat.*

 

Berikan Komentar

News Feed