oleh

Ini Daftar Ruas Tol Trans Sumatera yang Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran

Jakarta – SEJUMLAH ruas tol Trans Sumatera siap dipakai untuk mudik Lebaran tahun ini. Beberapa di antaranya adalah ruas yang sudah beroperasi secara komersial dan lainnya bersifat fungsional.

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dikutip Rabu (8/5/2019), tol yang telah beroperasi sepanjang 278 km meliputi ruas Bakaheuni-Terbanggi Besar (140,9 km), Palembang-Indralaya (21,93 km), Medan-Binjai Seksi 2 & 3 (10,46 km), Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (62,11 km), dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa (42,7 km).

Kementerian PUPR juga berencana membuka tol fungsional sepanjang 225 km, yaitu Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung 189 km, Palembang-Betung 33 km, dan Medan-Binjai Seksi 1 sepanjang 2,8 km.

Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan, menjelang arus mudik Lebaran 2019 pemantauan dilakukan secara rutin untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung hingga H-10 perayaan Idul Fitri.

“Kita terus lihat perkembangannya, guna memastikan kesiapan jalan tol ini dapat di lalui secara fungsional,” katanya.

Pembangunan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dilakukan dengan menggunakan investasi sebesar Rp 21,95 triliun. Progresnya, untuk Terbanggi Besar-Pematang Panggang (112 Km) sudah 91% dan Pematang Panggang-Kayu Agung (77 Km) sudah 95%.

Danang Parikesit mengimbau pemudik untuk memperhatikan kecepatan kendaraan pada jalan tol fungsional. Pemudik juga harus menyiapkan bahan bakar dan kondisi mesin dalam keadaan baik. *dtf

Berikan Komentar

News Feed