oleh

Jokowi Minta Pemda Sambungkan Jalan Tol dengan Tempat Wisata

Jakarta – PRESIDEN RI Joko Widodo mendorong pemerintah daerah dapat memaksimalkan fasilitas infrastruktur berupa jalan tol untuk menggenjot konektivitas pariwisata daerah.

Jokowi mengatakan pertumbuhan pariwisata sedang pesat di Indonesia. Bahkan, menurutnya pertumbuhan pariwisata di Indonesia 3 kali lipat nilainya dibanding pariwisata dunia.

“Kita ini seperti disampaikan Pak Hariyadi (Ketua Umum PHRI), growth-nya 22%, sebuah growth yang 3 kali lipat dari pariwisata dunia yang hanya 6-7%. Ini perlu ditindaklanjuti,” kata Jokowi pada acara HUT ke-50 PHRI di Jakarta, Senin (11/2/2019) malam.

Jokowi menuturkan, salah satu jalan tol yang telah digarap pemerintahannya yang berhasil menghubungkan Merak sampai Banyuwangi. Dia meminta Pemda ataupun Pemkot dapat menyambungkan tol tersebut dengan tempat wisata.

“Jalan tol terbangun, Jakarta-Semarang-Surabaya sudah tersambung. Tahun depan isnyaAllah, sudah akan nyambung ke Banyuwangi, jadi Dari Merak-Banyuwangi tersambung,” jelasnya.

“Kita harapkan tolong tol ini sudah saya sampaikan ke Walikota, Bupati, Gubernur, tolong tol ini disambungkan dengan kawasan wisata yang ada di daerah bapak ibu sekalian,” tegasnya.

Lebih lanjut Jokowi mengingatkan apabila pemerintah daerah memiliki masalah dan hambatan untuk menyambungkan jalan tol dengan tempat wisata, pemerintah pusat siap membantu.

“Kalau tidak sanggup tolong sampaikan ke Menteri PUPR agar yang membangun pemerintah pusat. Tapi jangan semuanya dong diberikan ke pusat,” ujar Jokowi.

Jokowi kembali menegaskan dengan meningkatkan konektivitas industri pariwisata, ekonomi daerah dapat tergerak dengan cepat.

“Ada tugas daerah membangun konektivitas dengan jalan tol satukan dengan kawasan wisata, ini akan menggerakan ekonomi jauh lebih cepat,” pungkasnya.*dtf

Berikan Komentar

News Feed