oleh

Jokowi Resmikan Jalan Tol Pemalang, Konektivitas Indonesia Diklaim Semakin Baik

Tegal – PRESIDEN RI Joko Widodo menyebut konektivitas Indonesia semakin terwujud dengan tersambungnya konektivitas antarpulau, antarprovinsi, dan antarkabupaten dan kota. Terutama dengan selesainya sejumlah ruas tol di Pulau Jawa.

“Alhamdulillah, hari ini kita segera meresmikan jalan tol Pejagan-Pemalang segmen Brebes Timur- Sewaka, dan jalan tol Pemalang-Batang, segmen Sewaka-Simpang Susun Pemalang,” kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Pejagan – Pemalang (Seksi 3 dan 4 Brebes Timur – Sewaka) dan Jalan Tol Pemalang – Batang (Segmen Sewaka – Simpang Susun Pemalang) di Tegal, Jumat (9/11/2018).

Presiden mengungkapkan, dengan semakin terhubungnya wilayah demi wilayah di Indonesia, dia meyakini hal tersebut akan memacu titik-titik pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Tak hanya itu, konektivitas itu akan membuat distribusi barang dan jasa semakin lancar sehingga bisa memangkas ongkos logistik.

Dia memerinci bahwa dari 870 kilometer jalan tol di Pulau Jawa yakni dari Merak sampai Banyuwangi telah diselesaikan proyek jalan tol sepanjang 640 km. Jokowi juga menambahkan tak lama lagi Merak akan langsung terhubung dengan Surabaya pada minggu kedua Desember tahun ini.

“Ini yang kurang Pejagan-Pemalang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura. Yang Batang-Semarang akan selesai di Desember. Salatiga-Kartasura juga selesai di Desember. Sragen-Ngawi selesai di akhir November. Kemudian Nganjuk-Wilangan akan selesai di bulan Desember. Artinya akan sambung dari Merak sampai Surabaya di bulan Desember,” katanya.

Lebih lanjut, pemerintah diakuinya akan melanjutkan pembangunan jalan tol dari Surabaya ke Probolinggo dengan tenggat penyelesaian hingga minggu kedua Desember 2018.

“Tinggal kita menyelesaikan dari Probolinggo ke Banyuwangi yang akan selesai di tahun 2019 yang akan datang,” pungkasnya.*bc

Berikan Komentar

News Feed