oleh

Kementerian PUPR Perbaiki Jalan Sibolga-Batas Tapanuli Selatan Sepanjang 36 Km

Jakarta – KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperbaiki ruas jalan Sibolga hingga Batas Tapanuli Selatan di Provinsi Sumatera Utara, sepanjang 36 Km.

Perbaikan tersebut dilakukan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan, melalui program Western Indonesian Road Improvement Project (WINRIP) yang dikerjakan secara bertahap sejak Juni 2015 hingga Juli 2018. Pekerjaan dilakukan oleh kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) dengan nilai kontrak Rp 260,1 Miliar

Kementerian PUPR juga melakukan perbaikan jalan di ruas Batas Tapanuli Utara-Sipirok KM 129+950, tepatnya di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan dengan memobilisasi truk pengangkut material batu dan pasir serta sejumlah alat berat, seperti grader dan excavator untuk mengerjakan penambalan lubang dan penggalian saluran air (drainase).

Kepala BBPJN II Medan Selamet Rasidi mengatakan, penanganan yang dilakukan masih bersifat sementara atau darurat dan akan dilanjutkan dengan penanganan permanen melalui paket pekerjaan tahun 2019 yang saat ini dalam tahapan lelang.

“Faktor utama yang mempercepat kerusakan jalan adalah air dan beban kendaraan berlebih. Untuk itu, penutupan lubang air yang menggenang di badan jalan dan penggalian drainase menjadi fokus Kementerian PUPR dalam mengatasi jalan rusak,” kata Selamet.

Dalam meningkatakan kecepatan waktu penanganan kerusakan jalan, Kementerian PUPR juga telah memiliki standar operasional  prosedure Quick Win. Masyarakat juga dapat melaporkan kerusakan jalan di daerahnya melalui aplikasi di telepon selular yakni Jalan Kita (Jaki) yang dapat diunduh di ponsel android maupun IOS.*kpu

Berikan Komentar

News Feed