oleh

Pasuruan ke Probolinggo Bisa Lewat Tol Saat Natal

Probolinggo – JALAN Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) akan dibuka secara fungsional jelang hari raya Natal 2018, mulai dari pintu Tol Tongas hingga Leces atau sebaliknya.

Pejabat Pembuat Komitmen Tol Paspro, Agus Minarno mengatakan, pembukaan akan dimulai sejak 21 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019 mendatang.

Dia menjelaskan, tujuan fungsional Tol Paspro sebagai uji coba kelayakan jalan tol, saat dilintasi kendaraan, serta tahapan pengenalan terhadap masyarakat. Selain itu, juga untuk mendukung arus liburan, terutama yang hendak menuju arah timur seperti Situbondo dan Jember.

“Fungsional ini adalah tahapan percobaan, untuk kendaraan yang ingin lewat jalan tol dan juga pengenalan,” terangnya.

Agus menyampaikan, jika kendaraan yang diperbolehkan melewati jalan tol hanya kendaraan-kendaraan kecil atau golongan 1 yang beratnya tidak terlalu tinggi. Jalur tol yang akan dibuka atau difungsionalkan mulai seksi 1, 2, 3 atau dari Kecamatan Tongas hingga Leces dan sebaliknya.

Tol Paspro memiliki panjang 31,3 km yang terbagi dalam 3 seksi. Seksi I meliputi Grati – Tongas sepanjang 13,5 km. Seksi II meliputi Tongas – Sumberasih sepanjang 6,9 km. Dan seksi III meliputi Sumberasih – Leces sepanjang 10,9 km.

“Saat ini exit tol yang masih belum bisa dilewati kendaraan besar, ada di Tongas. Karena masih ada penyelesaian, pengerjaan jembatan di sekitarnya,”katanya, Sabtu (15/12/2018).

Disinggung soal keamanan jalan tol, mulai seksi 1, 2, dan 3 memang terdapat tebing yang disinyalir rawan longsor.Tapi Agus menjamin jika pengguna jalan akan tetap aman melintas, pasalnya sebelumnya sudah ada peninjauan dari Dirlantas Polda Jatim.

Sejumlah tebing yang dimaksud kini dalam tahap finishing, di mana nantinya akan dilengkapi rumput dan saluran air, guna mencegah longsoran tanah.*dtc

Berikan Komentar

News Feed