oleh

Atasi Banjir, Sungai di Sumut akan Dieksplor dari Hulu ke Hilir

Medan – GUBERNUR Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menggelar rapat bersama pemerintah daerah terkait untuk mengatasi masalah banjir di sejumlah daerah di Sumut. Penanganan tersebut akan dimulai dengan mengeksplorasi sungai dari hulu ke hilir.

“Tentu ini harus diselesaikan, karena selama ini tidak diatasi, ini akan banjir terus. Kita mau tahu bagaimana kondisi sungai di Medan, Deli Serdang sampai Karo. Kita akan panggil kepala daerah,” kata Edy Rahmayadi saat berdiskusi di pinggir Sungai Babura, Kelurahan Beringin, Medan Selayan, didampingi Walikota Medan Dzulmi Eldin, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Kepala BWSS II Sumut Roy Pardede, serta sejumlah pejabat, Selasa (18/9/2018).

Usai meninjau badan sungai, gubernur pun melihat kondisi rumah warga yang sempat hampir tenggelam karena meluapnya air sungai. Saat kunjungan itu, air di kawasan permukiman penduduk sudah surut. Namun karena curah hujan yang tinggi, masih dikhawatirkan terjadi banjir susulan.

“Saya minta kabupaten/kota (Medan, Deli Serdang dan Karo) sampaikan data yang jelas (tentang kondisi sungai) dan benar,” sebut Edy singkat.

Menurut Edy, pilihan rapat langsung di lokasi terjadinya banjir merupakan satu langkah yang tepat guna membahas penanganannya ke depan. Karena untuk menemukan titik persoalannya, perlu dibahas dan bersama lintas daerah yang dilintasi sungai, baik Sungai Babura, Sungai Deli dan sungai lainnya yang selalu meluap dan menyebabkan banjir di sekitarnya, saat curah hujan tinggi di bagian hulu khususnya.

“Jadi yang penting itu bukan berikan bantuan beras dan mie instan setiap ada musibah seperti ini. Yang penting bagaimana tidak lagi banjir. Itu yang akan kita lakukan. Makanya saya minta data (rekaman video dan foto) mulai dari ujung paling atas sampai ke hilir,” sebut Edy.

“Saya mau dua pekan ini tolong disiapkan tim dan didata itu sungai dari mulai hulu sampai ke hilir, dengan segala permasalahannya,” sebut Edy lagi.

Sementara Walikota Medan Dzulmi Eldin yang juga ikut mengunjungi korban banjir menyebutkan bahwa seluruh sungai yang ada di Kota Medan nantinya akan ditelusuri. Karena selama ini, banjir yang terjadi belum juga ada solusi agar warga tidak mengalami kerugian terus menerus.*widi

Berikan Komentar

News Feed