oleh

Pasar Aksara Medan Mulai Dibangun 2019

Jakarta – KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan Detailed Engineering Desain 3 pasar tradisional yang hancur akibat kebakaran. Salah satunya adalah Pasar Aksara Medan yang akan dimulai konstruksinya pada Maret-Desember 2019.

Pasar Aksara Medan seluas 1,3 hektar mengalami kebakaran pada 12 Juli 2016. Pedagang yang menjadi korban kebakaran untuk sementara waktu ditampung di badan jalan ex Pasar Aksara yang menyebabkan kemacetan pada titik tersebut.

Selain Pasar Aksara, Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan DED 2 pasar tradisional yang hancur akibat kebakaran, yakni Pasar Atas Bukit Tinggi dan Pasar Johar Semarang. Konstruksi Pasar Atas Bukittinggi akan dimulai tahun ini, sementara Pasar Johar Semarang dimulai tahun 2019.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, revitalisasi dan pembangunan pasar tradisional oleh Pemerintah bukan swasta menunjukan keberpihakan Pemerintah kepada para pedagang agar nantinya harga sewa kios pasar yang baru tetap terjangkau.

“Meski Pasar Atas Bukittingi, Johar Semarang dan Aksara Medan merupakan kewenangan Pemerintah Daerah, namun semua pihak harus turun tangan membantu, termasuk Kementerian PUPR,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Pasar Atas Bukittinggi mengalami kebakaran hebat pada 30 Oktober 2017 lalu yang menyebabkan sekitar 1.000 lebih kios pedagang di gedung tiga lantai itu ludes terbakar.

Sementara untuk pembangunan Pasar Johar Semarang dilakukan karena terjadi kebakaran pada tahun 2015 yang menghanguskan dua pertiga bangunan pasar. Pasar Johar yang sudah menjadi pusat perdagangan masyarakat Kota Semarang sejak 1938 juga merupakan bangunan bersejarah. Pembangunan kembali akan dimulai tahun 2019 dengan biaya diperkirakan sebesar Rp 174,12 miliar.*kpu

Berikan Komentar

News Feed