oleh

Tak Ada TKA China di Proyek Jabodebek

-SDM-141 Dibaca

Jakarta – DIREKTUR Utama PT Adhi Karya Tbk Budi Harto menegaskan tidak ada Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China yang bekerja di proyek LRT Jabodebek.

Dia menjelaskan, saat ini proyek LRT Jabodebek mampu menyerap tenaga kerja sekitar 12 ribu orang dan hampir seluruhnya merupakan tenaga kerja lokal.

“Jadi total pekerja di proyek LRT ada sekitar 12 ribu orang. Dari jumlah itu hampir semuanya lokal,” ujarnya dikutip dari detikFinance, Senin (14/1/2019).

Dia menjelaskan, dari total jumlah tenaga kerja yang terserap di proyek LRT Jabodebek, hanya ada sebanyak 5 orang TKA. Dua orang TKA merupakan engineer dari Perancis dan 3 orang asal Jepang yang merupakan konsultan proyek yang ditempatkan oleh Kementerian Perhubungan.

“Itu saja, hanya 5 orang dan mereka betul-betul dibutuhkan dalam proyek ini. Tidak ada TKA China juga,” tegasnya.

Sebelumnya Direktur Utama KCIC Chandra Dwiputra menyebut, pada 2019, kebutuhan akan tenaga kerja mencapai 33.000 orang. Dari jumlah tersebut, 20% di antaranya merupakan tenaga kerja asing (TKA) yang mayoritas berasal dari China.

“Perbandingan jumlah antara TKA dengan pekerja lokal itu kita batasi 1:4. Jadi maksimal 20% yang dari TKA,” pungkasnya.*dtf

Berikan Komentar

News Feed